MODUL GETARAN DAN GELOMBANG
Informasi Umum:
| Judul Modul Ajar  Nama   Jenjang Pendidikan  Satuan Pendidikan  Fase   Kelas   Deskripsi Umum Modul Ajar    | : Getaran dan Gelombang  : Sudarman Rianto, S.Pd. : Sekolah Menengah Pertama  : SMP Negeri 37 Semarang : D  : VIII  : Peserta didik akan
  menganalisis getaran dan gelombang secara berkelompok melalui  pengamatan percobaan dan diskusi  | 
Capaian Pembelajaran:  
Pada akhir fase D, peserta didik memahami getaran dan
gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat-alat optik sederhana
yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Tujuan Pembelajaran:  
Memahami getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari 
Topik:
Mengenal getaran dan gelombang 
 
Pertemuan 1 (2 JP : 2x40 menit)  Langkah-Langkah
Pembelajaran 
| 1.  
  Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta
  didik, berdo’a dan absensi.   2.   Memeriksa
  kemampuan awal peserta didik (asesmen awal) melalui lembar periksa diri.   | ||||||||
|  | No.
   | Pernyataan
   |  | Ya
   (1)
   | Tidak
      (0)  |  | ||
| 1  | Saya  dapat
    menjelaskan getaran dengan benar  | pengertian  |    |    | ||||
| 2  | Saya  dapat
    menjelaskan gelombang dengan benar  | pengertian  |    |    | ||||
|  | 3  | Saya
  dapat memaparkan konsep getaran dan gelombang dengan benar  |    |    |  | |||
| Jumlah  |    |   | ||||||
| Sangat
  Menguasai   | Menguasai   | Belum
  Menguasai   | ||||||
| Jika jawaban “Ya” ada   3     | Jika jawaban “Ya” ada  2   | Jika jawaban “Ya” ada 1  | ||||||
| 3.     
  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar
  aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.  4.     
  Menjelaskan asesmen/proses penilaian.  5.     
  Menyampaikan pertanyaan pemantik:  Guru mengajak
  peserta didik melakukan percobaan dengan memegang pangkal tenggorokan
  masing-masing saat tanpa suara dan bersuara. Peserta didik diminta
  berpendapat tentang pengalamannya melakukan aktivitas tersebut dengan
  pertanyaan pemantik:  a.  
  Berdasarkan pengalaman tadi, apa yang kalian rasakan
  saat memegang pangkal tenggorokan dengan tanpa bersuara?  b.  
  Apakah terdapat perbedaan dengan pangkal tenggorokkan
  saat bersuara?  c.  
  Mengapa pangkal tenggorokkan terasa bergetar saat
  bersuara?  6.     
  Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok
  belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal).  7.     
  Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta
  didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)  8.     
  Mendemonstrasikan percobaan bandul kepada peserta
  didik. Peserta didik mengamati guru saat mendemonstrasikan percobaan bandul.   9.     
  Peserta didik menjelaskan
  pengertian getaran dan gelombang, serta menjelaskan konsep dasar getaran dan
  gelombang berdasarkan pengamatan dan kajian literatur lalu menuliskan
  hasilnya pada LKPD.  10.  
  Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan
  hasil LKPD dan diskusinya.   11.  
  Memberikan umpan balik dan tanya jawab.   12.  
  Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil
  kegiatan pembelajaran. 13. Guru menyampaikan refleksi. (terlampir)    | ||||||||
 
Topik: Seperti apa
perbedaan gelombang itu? 
 
Pertemuan 2 (2 JP: 2x40 menit) Langkah-Langkah
Pembelajaran 
| 1.   
  Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta
  didik, berdo’a dan absensi.   2.   
  Memberikan apersepsi dengan menampilkan gambar:  
 Perhatikan kedua gambar tersebut! apakah perbedaan dari
  keduanya?  3.   
  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar
  aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.  4.   
  Menjelaskan asesmen/proses penilaian.  5.   
  Menyampaikan pertanyaan pemantik:  Bagaimana cara kita merasakan gelombang?  6.   
  Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok
  belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal).  7.   
  Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta
  didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)  8.   
  Peserta didik mengidentifikasi
  perbedaan gelombang mekanik dan elektromagnetik serta menganalisis gelombang
  transversal dan longitudinal melalui pengamatan dan kajian literatur, lalu
  menuliskan hasilnya pada LKPD.  9.   
  Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan
  hasil pengamatan.  10.  Memberikan
  umpan balik dan tanya jawab.   11.  Peserta
  didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.   12.  Asesmen
  formatif dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan
  melakukan observasi terhadap unjuk kerja keterampilan peserta didik. (Lembar asesmen terlampir)  13.  Guru
  menyampaikan refleksi melalui pertanyaan:  a.  
  Materi mana yang menurutmu sangat mudah dipahami?  b.  
  Materi mana yang menurut kalian perlu dipelajari
  lebih dalam?    | 
Bagaimana cara
menghitung cepat rambat gelombang? 
 
Pertemuan 3 (2 JP: 2x40 menit) Langkah-Langkah
Pembelajaran 
| 1.   
  Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta
  didik, dan meminta peserta didik yang datang lebih awal untuk memimpin
  do’a.   2.   
  Memberikan apersepsi kepada peserta didik:  a.   
  Tuliskan/gambarkan sesuatu yang berhubungan dengan
  getaran  dan        gelombang
  maksimal 3 menit!   b.   
  Secara             random
             meminta          peserta            didik     untuk       menjelaskan    tulisan/gambarnya
   3.   
  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar
  aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.  4.   
  Menjelaskan asesmen/proses penilaian.  5.   
  Menyampaikan pertanyaan pemantik:   Mengapa penting untuk memahami cepat rambat
  gelombang dalam kehidupan sehari-hari?  6.   
  Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok
  belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal).   7.   
  Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta
  didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)   8.   
  Peserta didik menghitung
  cepat rambat gelombang dan menelaah 
  fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari  melalui pengamatan dan kajian literatur,
  lalu menuliskan hasilnya pada LKPD.  9.   
  Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan
  hasil LKPD dan diskusinya.   10.  Memberikan
  umpan balik dan tanya jawab.   11.  Peserta
  didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.  12.  Peserta
  didik mengerjakan asesmen sumatif.  13.  Guru
  menyampaikan refleksi melalui pertanyaan:  a.   
  Materi mana yang menurutmu sangat mudah dipahami?  b.   
  Materi mana yang menurut kalian perlu dipelajari
  lebih dalam?    | 
 
 
 
1. Pemanfaatan Media 
a. Materi Pokok : Getaran dan gelombang 
Sub Materi : Konsep dasar getaran dan gelombang, gelombang tranversal dan longitudinal, perhitungan cepat rambat gelombang, dan fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari
b.
Sumber                               
1.  
Lestari, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Guru).
Jakarta: Kemdikbud (hal. 111-120). 
2.  
Okky, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Siswa).
Jakarta: Kemdikbud (hal. 103-112).  
          c.
Alat                   
1.  
Tali                           
2.  
Bandul/buah/bola 
3.  
Air  
4.  
Wadah/Ember 
5.  
Alat tulis 
6.  
Slinki  
          d.
Bahan                           
1.  
Lembar kerja peserta didik (LKPD) 
2.  
Rubrik penilaian 
 
2. Asesmen 
a. Jenis Asesmen  
1)  Asesmen
awal  
2)  Asesmen
formatif 
3)  Asesmen
sumatif  
b. Teknik asesmen 
1)  Asesmen
awal  
Menggambarkan situasi kondisi
diri melalui pernyataan untuk individu pada pertemuan 1. 
2)  Asesmen
formatif 
Melakukan
asesmen dari LKPD pada pertemuan 1, 2 dan 3. 
3)  Asesmen
sumatif 
Melakukan post test berupa soal pilihan ganda untuk tiap peserta didik pada
pertemuan 3. 
 
 
 
3. Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran Pertemuan 1 1. Rubrik Penilaian 
| No.  | Indikator  Tujuan  Pembelajaran  | Kategori dan Deskripsi  | Skor  Maksi mal  | |||
| 1  | 2  | 3  | 4  | |||
| 1  | Peserta didik  mampu  menjelaskan pengertian
  getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak mampu menjelaskan
  pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Mampu  menjelaskan pengertian
  getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Cakap menjelaskan
  pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Mahir menjelaskan
  pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | 4  | 
| 2  | Peserta didik  mampu  menjelaskan konsep dasar
  getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak mampu menjelaskan
  konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Mampu  menjelaskan konsep getaran
  dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Cakap menjelaskan konsep
  getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Mahir menjelaskan konsep
  getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi  | 4        | 
| Jumlah skor  | 8  | |||||
| Kesimpulan:
  Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai
  skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk
  kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar
  pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.  | ||||||
 
Lembar Observasi  
| No.  | Nama Peserta Didik  | Indikator  Nomor  | Jumlah Skor  | Ketercapaian  | Rencana  Tindak  Lanjut  | ||
| 1  | 2  |   | Tuntas  | Tidak Tuntas  |   | ||
| 1  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 2  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 3  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 4  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 5  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 6  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 7  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 8  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 9  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 10  |   |   |   |   |   |   |   | 
Keterangan Indikator : 
a.  Kemampuan    menjelaskan    pengertian
      getaran            dan      gelombang
berdasarkan pengamatan dan diskusi. 
b.  Kemampuan
menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi. 
Nilai
= Jumlah skor yang diperoleh x 100  
Jumlah skor maksimal 
 
3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas  
Mengajak
peserta didik menjadi tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping atau infografis pada
peserta didik yang belum tuntas. 
b. Tidak Tuntas 
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik membuat mind mapping
atau infografis dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada
indikator yang belum dikuasai saja. 
Pertemuan 2 1. Rubrik Penilaian 
| No.  | Indikator  Tujuan  Pembelajaran  | Kategori dan Deskripsi  | Skor  Maksi mal  | |||
| 1  | 2  | 3  | 4  | |||
| 1  | Peserta didik  mampu  mengidentifika si perbedaan gelombang
  mekanik dan elektromagneti k berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak  mampu  mengidentifi kasi perbedaan gelombang mekanik dan  elektromag netik berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mampu  mengidentifik asi  perbedaan gelombang mekanik dan  elektromagne tik  berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Cakap mengidentifi kasi perbedaan gelombang mekanik dan  elektromag netik berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mahir mengidentifi kasi perbedaan gelombang mekanik dan  elektromag netik berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | 4  | 
| 2  | Peserta didik  mampu  menganalisis  gelombang transversal dan longitudinal
  berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak  mampu  menganalisi s  gelombang transversal dan longitudinal
  berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mampu  menganalisis  gelombang transversal dan longitudinal
  berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Cakap menganalisi s  gelombang transversal dan longitudinal
  berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mahir menganalisi s  gelombang transversal dan
  longitudinal berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | 4        | 
| Jumlah skor  | 8  | |||||
| Kesimpulan
  : Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai
  skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk
  kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar
  pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.  | ||||||
 
 
 
 
 
Lembar Observasi  
| No.  | Nama Peserta Didik  | Indikator  Nomor  | Jumlah Skor  | Ketercapaian  | Rencana  Tindak Lanjut  | ||
| 1  | 2  | Tuntas  | Tidak Tuntas  | ||||
| 1  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 2  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 3  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 4  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 5  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 6  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 7  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 8  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 9  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 10  |   |   |   |   |   |   |   | 
Keterangan Indikator : 
a.   Kemampuan
     mengidentifikasi perbedaan gelombang        mekanik dan elektromagnetik berdasarkan
pengamatan dan diskusi. 
b.  
Kemampuan menganalisis gelombang transversal dan
longitudinal berdasarkan pengamatan dan diskusi. Nilai = Jumlah skor yang diperoleh
x 100                      Jumlah skor
maksimal 
 
3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas  
Mengajak peserta didik menjadi
tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping pada peserta didik yang belum tuntas. 
b. Tidak Tuntas 
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik membuat mind mapping
dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada indikator yang belum
dikuasai saja. 
 
Pertemuan 3 1. Rubrik Penilaian 
| No.  | Indikator  Tujuan  Pembelajaran  | Kategori dan Deskripsi  | Skor  Maksi mal  | |||
| 1  | 2  | 3  | 4  | |||
| 1  | Peserta didik  mampu menghitung cepat rambat gelombang
  berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak  mampu menghitung cepat rambat gelombang berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mampu menghitung cepat rambat gelombang
  berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Cakap menghitung cepat rambat gelombang
  berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mahir menghitung cepat rambat gelombang
  berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | 4  | 
| 2  | Peserta didik  mampu menelaah fenomena getaran dan
  gelombang dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengamatan dan diskusi  | Tidak  mampu menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam
  kehidupan sehari-hari berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mampu menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam
  kehidupan  sehari-hari berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Cakap menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam
  kehidupan  sehari-hari berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | Mahir menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam
  kehidupan  sehari-hari berdasarka n  pengamata n dan diskusi  | 4        | 
| Jumlah skor  | 8  | |||||
| Kesimpulan
  : Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai
  skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk
  kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar
  pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.  | ||||||
 
  
 
Lembar Observasi  
| No.  | Nama Peserta Didik  | Indikator  Nomor  | Jumlah Skor  | Ketercapaian  | Rencana  Tindak Lanjut  | ||
| 1  | 2  | Tuntas  | Tidak Tuntas  | ||||
| 1  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 2  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 3  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 4  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 5  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 6  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 7  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 8  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 9  |   |   |   |   |   |   |   | 
| 10  |   |   |   |   |   |   |   | 
Keterangan Indikator : 
a.   Kemampuan
     menghitung     cepat   rambat             gelombang      berdasarkan pengamatan dan diskusi  
b.   Kemampuan
menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan
pengamatan dan diskusi 
Nilai
= Jumlah skor yang diperoleh x 100  
Jumlah skor maksimal 
 
3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas  
Mengajak peserta didik menjadi
tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping pada peserta didik yang belum tuntas. 
b. Tidak Tuntas 
Memberikan kesempatan kepada
peserta didik membuat mind mapping
dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada indikator yang belum
dikuasai saja. 
 

| Lampiran 1    | : Lembar Kerja      Lembar Kerja Peserta
  Didik   Pertemuan
  1  | 
| Tanggal   | : ……………………….  | 
| Nama    | : ……………………….  | 
| Materi   | : ……………………….  | 
| Fase/Kelas  | : D/VIII  | 
 
Petunjuk Aktivitas: 
1. Pengamatan bandul 
a)  Siapkan
alat dan bahan (Tali 2 buah, bandul/buah/bola 1 buah) yang sudah ditugaskan
pada pertemuan sebelumnya. 
b)  Ikatlah
tali pada ujung tangkai atau tiang dengan panjang tali 20 dan 60 cm. 
c)  
Hitunglah gerak bolak-balik bandul tersebut selama 10
detik dan 30 detik. 
d)  Lakukanlah
pengamatan terhadap bandul/buah/bola lalu tuliskan pada tabel di bawah ini! 
 
Tabel 1 Hasil Pengamatan Getaran Bandul/Buah/Bola dengan Sudut Simpang
100 Derajat 
| Panjang tali (cm)  | Waktu
  getar (t dalam detik)  | Banyaknya getaran bandul (n)  | Waktu
  untuk 1 kali  getaran  (T)
  t/n  | Jumlah getaran  dalam 1 detik  (f)
  n/t  | 
| 20 cm  | 10  |   |   |   | 
| 10  |   |   |   | |
| 10  |   |   |   | |
| Nilai Rata-rata  |   |   |   | |
| 60 cm  | 30  |   |   |   | 
| 30  |   |   |   | |
| 30  |   |   |   | |
| Nilai Rata-rata  |   |   |   | 
 
Pertanyaan:  
Berdasarkan hasil pengamatan, bagaimana perbedaan getaran
pada bandul dengan panjang tali 20 cm dan 60 cm? 

 
2.  
Pengamatan Gelombang Air 
Siapkan wadah/ember yang sudah berisi air. Kemudian
lemparkan/masukkan batu ke dalamnya. Perubahan apa yang terjadi pada air
tersebut?  

 
3.  
Tuliskan dengan jelas apa yang dimaksud dengan getaran
dan gelombang! 
 

 
4.  
Buatlah kesimpulan dari pengamatan yang sudah
dilakukan! 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Lembar Kerja Peserta Didik Pertemuan 2 
|   |  | 
| Tanggal   | : ……………………….  | 
| Nama    | : ……………………….  | 
| Materi   | : ……………………….  | 
| Fase/Kelas  | : D/VIII  | 
 
Petunjuk aktivitas: 
1.    Siapkan
tali dan slinki yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. 
2.    Dua
peserta didik berada di masing-masing ujung tali, lalu menggerakkan ke atas dan
ke bawah. 
3.    Lakukan
hal yang sama terhadap slinki. 
4.    Amatilah
gelombang yang terbentuk dan diskusikan dengan kelompokmu lalu tuliskan hasil
diskusi pada kolom di bawah ini, kemudian presentasikan kepada Bapak/Ibu guru
dan teman-teman kalian! 
Pertanyaan:  
a.   
Mengidentifikasi perbedaan gelombang mekanik dan
elektromagnetik 
 

 
b.   
Menganalisis gelombang transversal dan longitudinal 

 Lembar Kerja Peserta Didik  Pertemuan 3 
 
Tanggal          : ………………………. 
Nama              : ………………………. 
Materi             : ………………………. 
Fase/Kelas
    : D/VIII 
 
Petunjuk Aktivitas: 
1. Pengamatan tali  
a.  
Siapkan tali yang sudah dibawa 
b.  
Dua peserta didik saling memegang salah satu sisi tali,
dan buatlah variasi sudut simpang melalui gerakan naik turun yang berulang
seperti gambar di bawah ini. 
 
 
                                                           Sumber: Buku Siswa Kemdikbud 
 
c.  
Apakah terlihat bentuk seperti bukit dan lembah
gelombang yang jelas? 
Jawaban: ……………………………………………………………………… 
d.  
Apakah yang dirasakan oleh peserta didik pada salah
satu ujung talinya? 
Jawaban: ……………………………………………………………………… 
e.   Tuliskan
hasil pengamatan pada tabel di bawah ini! 
Jawaban: ……………………………………………………………………… 
 
Tabel 2 Tabel Pengamatan Cepat
Rambat Gelombang Tali 
Sepanjang 3 Meter 
| Sudut simpangan  tali  | Gerakan  naik turun  tali  | Jumlah puncak  gelomban g yang  terlihat (n)  | Jumlah  Panjang gelomban g (n/2)  | Waktu tempuh  (t)  | Periode (Jumlah panjang  gelomban g/waktu tempuh  | 
| Kecil 
   | Pelan  |   |   |   |   | 
| (+/-10º)  | Cepat  |   |   |   |   | 
| Besar 
   | Pelan  |   |   |   |   | 
| (+/-40º)  | Cepat  |   |   |   |   | 
| Sangat
  Besar  | Pelan  |   |   |   |   | 
| (+/-90º)  | Cepat  |   |   |   |   | 
f.   
Berdasarkan tabel di atas, hitunglah kecepatan rambat
gelombang tali tersebut! 

g.  
Buatlah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan!
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Lampiran
2     : Lembar Refleksi Peserta Didik dan
Guru 
 
Pertemuan 1 
Petunjuk :  
1.  
Isi identitas  
2.   Warnailah
icon smile pada kolom “Nilai” jika
pernyataan sesuai  
3.   Isilah
pernyataan tersebut dengan jujur.  
 
Nama :
……………………………                                   Kelas:
………  
Setelah berhasil mengikuti proses
belajar dan pengamatan/percobaan ayunan bandul, ukurlah diri kalian dalam
kemampuan penguasaan materi. Yuk warnai bintang yang ada pada table refleksi di
bawah ini untuk menunjukkan penguasaan diri kalian pada materi Konsep Dasar
Getaran dan Gelombang. 
Tabel Refleksi Peserta Didik 
| No.  | Pernyataan
   | Nilai
   | 
| 1  | Apakah
  kamu senang selama pembelajaran pengamatan ayunan bandul?  | 
 | 
| 2  | Apakah kamu puas dengan hasil akhir LKPD?  | 
 | 
| 3  | Apakah
  kamu senang dengan kelompokmu selama pembelajaran?  | 
 | 
| 4  | Sejauh
  mana kamu memahami materi konsep dasar getaran dan gelombang?  | 
 | 
 
Refleksi Guru Pertemuan 1, 2 dan 3 
1.                 
Apakah
seluruh peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran  dengan baik? 
2.                 
 Apakah kesulitan yang peserta didik hadapi
selama kegiatan pembelajaran? Solusi apa yang telah diberikan guru?             3. Kesulitan
apa yang guru alami selama kegiatan pembelajaran?
Apakah kesulitan yang peserta didik hadapi
selama kegiatan pembelajaran? Solusi apa yang telah diberikan guru?             3. Kesulitan
apa yang guru alami selama kegiatan pembelajaran? 
 
 
Lampiran
3     : Materi Pembelajaran 1 
 
 
Mengenal Getaran dan Gelombang 
             
 Benda dikatakan bergetar/berosilasi jika
benda tersebut  bergerak bolak-balik secara
teratur melalui titik seimbangnya.  Sehingga dapat diartikan
bahwa getaran adalah gerakan berulang  bolak-balik dari suatu objek atau medium.
Sementara gelombang  adalah perambatan energi melalui medium
atau ruang hampa. 
                 Percobaan
bandul: 
 
 
 
 
 
 
 Bandul dibuat mula-mula dalam
keadaan diam pada kedudukan  O. Pada posisi ini disebut
sebagai posisi/kedudukan seimbang.  Bandul tersebut kemudian
ditarik pada kedudukan A dengan sudut  simpangan kecil (sekitar 100º). Pada saat
bandul dilepaskan dari  kedudukan A, bandul akan bergerak teratur
melalui titik A-O-B-O-A  dan gerakan itu disebut gerak bolak balik
dalam 1 kali getaran. Salah  satu ciri dari getaran adalah adanya
amplitudo atau simpangan  terbesar (O – A atau O – B).
 Bandul dibuat mula-mula dalam
keadaan diam pada kedudukan  O. Pada posisi ini disebut
sebagai posisi/kedudukan seimbang.  Bandul tersebut kemudian
ditarik pada kedudukan A dengan sudut  simpangan kecil (sekitar 100º). Pada saat
bandul dilepaskan dari  kedudukan A, bandul akan bergerak teratur
melalui titik A-O-B-O-A  dan gerakan itu disebut gerak bolak balik
dalam 1 kali getaran. Salah  satu ciri dari getaran adalah adanya
amplitudo atau simpangan  terbesar (O – A atau O – B). 
 Waktu yang diperlukan suatu benda menempuh
1 kali getaran  penuh disebut periode. Dilambangkan dengan
huruf T dalam satuan  detik. Sedangkan banyaknya getaran suatu
benda yang terjadi  selama satu detik disebut sebagai
frekuensi. Dilambangkan dengan  huruf f dan satuannya adalah Hertz. 
             
          Sumber:  
1.  
Lestari, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Guru).
Jakarta: Kemdikbud (hal. 111-120). 
2.  
Okky, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Siswa). 
Jakarta: Kemdikbud (hal.
103-112).  
Materi Pembelajaran 2 



Posting Komentar untuk "MODUL GETARAN DAN GELOMBANG"
Posting Komentar