MODUL GETARAN DAN GELOMBANG

 Informasi Umum:

Judul Modul Ajar

Nama 

Jenjang Pendidikan

Satuan Pendidikan

Fase 

Kelas 

Deskripsi Umum Modul Ajar

 

: Getaran dan Gelombang

: Sudarman Rianto, S.Pd.

: Sekolah Menengah Pertama

: SMP Negeri 37 Semarang

: D

: VIII

: Peserta didik akan menganalisis getaran dan gelombang secara berkelompok melalui

pengamatan percobaan dan diskusi

Capaian Pembelajaran:  

Pada akhir fase D, peserta didik memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat-alat optik sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Tujuan Pembelajaran: 

Memahami getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari 


 

Topik: Mengenal getaran dan gelombang

 

Pertemuan 1 (2 JP : 2x40 menit)  Langkah-Langkah Pembelajaran

1.   Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta didik, berdo’a dan absensi. 

2.   Memeriksa kemampuan awal peserta didik (asesmen awal) melalui lembar periksa diri. 

 

No.

Pernyataan

 

Ya

(1)

Tidak

   (0)

 

1

Saya dapat   menjelaskan getaran dengan benar

pengertian

 

 

2

Saya dapat   menjelaskan gelombang dengan benar

pengertian

 

 

 

3

Saya dapat memaparkan konsep getaran dan gelombang dengan benar

 

 

 

Jumlah

 

 

Sangat Menguasai 

Menguasai 

Belum Menguasai 

Jika jawaban “Ya” ada 

 

Jika jawaban “Ya” ada

Jika jawaban “Ya” ada 1

3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

4.      Menjelaskan asesmen/proses penilaian.

5.      Menyampaikan pertanyaan pemantik:

Guru mengajak peserta didik melakukan percobaan dengan memegang pangkal tenggorokan masing-masing saat tanpa suara dan bersuara. Peserta didik diminta berpendapat tentang pengalamannya melakukan aktivitas tersebut dengan pertanyaan pemantik:

a.   Berdasarkan pengalaman tadi, apa yang kalian rasakan saat memegang pangkal tenggorokan dengan tanpa bersuara?

b.   Apakah terdapat perbedaan dengan pangkal tenggorokkan saat bersuara?

c.   Mengapa pangkal tenggorokkan terasa bergetar saat bersuara?

6.      Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal).

7.      Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)

8.      Mendemonstrasikan percobaan bandul kepada peserta didik. Peserta didik mengamati guru saat mendemonstrasikan percobaan bandul.  

9.      Peserta didik menjelaskan pengertian getaran dan gelombang, serta menjelaskan konsep dasar getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan kajian literatur lalu menuliskan hasilnya pada LKPD.

10.   Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil LKPD dan diskusinya. 

11.   Memberikan umpan balik dan tanya jawab. 

12.   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran. 13. Guru menyampaikan refleksi. (terlampir)

 

  

Topik: Seperti apa perbedaan gelombang itu?

 

Pertemuan 2 (2 JP: 2x40 menit) Langkah-Langkah Pembelajaran

1.    Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta didik, berdo’a dan absensi. 

2.    Memberikan apersepsi dengan menampilkan gambar:

           Sumber: pexels.com

             Sumber: pexels.com

Perhatikan kedua gambar tersebut! apakah perbedaan dari keduanya?

3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

4.    Menjelaskan asesmen/proses penilaian.

5.    Menyampaikan pertanyaan pemantik:

Bagaimana cara kita merasakan gelombang?

6.    Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal).

7.    Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)

8.    Peserta didik mengidentifikasi perbedaan gelombang mekanik dan elektromagnetik serta menganalisis gelombang transversal dan longitudinal melalui pengamatan dan kajian literatur, lalu menuliskan hasilnya pada LKPD.

9.    Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil pengamatan.

10.  Memberikan umpan balik dan tanya jawab. 

11.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran. 

12.  Asesmen formatif dilaksanakan pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan melakukan observasi terhadap unjuk kerja keterampilan peserta didik. (Lembar asesmen terlampir)

13.  Guru menyampaikan refleksi melalui pertanyaan:

a.   Materi mana yang menurutmu sangat mudah dipahami?

b.   Materi mana yang menurut kalian perlu dipelajari lebih dalam?

 

Bagaimana cara menghitung cepat rambat gelombang?

 

Pertemuan 3 (2 JP: 2x40 menit) Langkah-Langkah Pembelajaran

1.    Membuka pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta didik, dan meminta peserta didik yang datang lebih awal untuk memimpin do’a. 

2.    Memberikan apersepsi kepada peserta didik:

a.    Tuliskan/gambarkan sesuatu yang berhubungan dengan getaran  dan        gelombang maksimal 3 menit! 

b.    Secara             random            meminta          peserta            didik     untuk       menjelaskan    tulisan/gambarnya

3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran dan garis besar aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.

4.    Menjelaskan asesmen/proses penilaian.

5.    Menyampaikan pertanyaan pemantik:

 Mengapa penting untuk memahami cepat rambat gelombang dalam kehidupan sehari-hari?

6.    Membimbing peserta didik dalam membuat kelompok belajar. (Peserta didik dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen awal). 

7.    Guru membagikan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta didik (diberikan 3 jenis LKPD untuk memfasilitasi kelompok low, midel, high). (LKPD terlampir)  

8.    Peserta didik menghitung cepat rambat gelombang dan menelaah  fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari  melalui pengamatan dan kajian literatur, lalu menuliskan hasilnya pada LKPD.

9.    Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil LKPD dan diskusinya. 

10.  Memberikan umpan balik dan tanya jawab. 

11.  Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran.

12.  Peserta didik mengerjakan asesmen sumatif.

13.  Guru menyampaikan refleksi melalui pertanyaan:

a.    Materi mana yang menurutmu sangat mudah dipahami?

b.    Materi mana yang menurut kalian perlu dipelajari lebih dalam?

 

 

 

 

1. Pemanfaatan Media

a. Materi Pokok : Getaran dan gelombang

Sub Materi  : Konsep dasar getaran dan gelombang, gelombang tranversal dan longitudinal, perhitungan cepat rambat gelombang, dan fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari  

b. Sumber                               

1.   Lestari, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Guru). Jakarta: Kemdikbud (hal. 111-120).

2.   Okky, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Siswa). Jakarta: Kemdikbud (hal. 103-112). 

          c. Alat                   

1.   Tali                           

2.   Bandul/buah/bola

3.   Air 

4.   Wadah/Ember

5.   Alat tulis

6.   Slinki 

          d. Bahan                           

1.   Lembar kerja peserta didik (LKPD)

2.   Rubrik penilaian 

 

2. Asesmen  a. Jenis Asesmen 

1)  Asesmen awal 

2)  Asesmen formatif

3)  Asesmen sumatif 

b. Teknik asesmen

1)  Asesmen awal 

Menggambarkan situasi kondisi diri melalui pernyataan untuk individu pada pertemuan 1.

2)  Asesmen formatif

Melakukan asesmen dari LKPD pada pertemuan 1, 2 dan 3.

3)  Asesmen sumatif

Melakukan post test berupa soal pilihan ganda untuk tiap peserta didik pada pertemuan 3.

 

 

 

3. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Pertemuan 1 1. Rubrik Penilaian

No.

Indikator

Tujuan

Pembelajaran

Kategori dan Deskripsi

Skor

Maksi mal

1

2

3

4

1

Peserta didik

mampu

menjelaskan pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak mampu menjelaskan pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Mampu

menjelaskan pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Cakap menjelaskan pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Mahir menjelaskan pengertian getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

4

2

Peserta didik

mampu

menjelaskan konsep dasar getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak mampu menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Mampu

menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Cakap menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Mahir menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

4

 

 

 

Jumlah skor

8

Kesimpulan: Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.

 

 

Lembar Observasi 

No.

Nama Peserta Didik

Indikator

Nomor

Jumlah Skor

Ketercapaian

Rencana

Tindak

Lanjut

1

2

 

Tuntas

Tidak Tuntas

 

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan Indikator :

a.  Kemampuan    menjelaskan    pengertian       getaran            dan      gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi.

b.  Kemampuan menjelaskan konsep getaran dan gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi.

Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100 

Jumlah skor maksimal

 

3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas 

Mengajak peserta didik menjadi tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping atau infografis pada peserta didik yang belum tuntas.

b. Tidak Tuntas 

Memberikan kesempatan kepada peserta didik membuat mind mapping atau infografis dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada indikator yang belum dikuasai saja.

Pertemuan 2 1. Rubrik Penilaian

No.

Indikator

Tujuan

Pembelajaran

Kategori dan Deskripsi

Skor

Maksi mal

1

2

3

4

1

Peserta didik

mampu

mengidentifika si perbedaan gelombang mekanik dan elektromagneti k berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak

mampu

mengidentifi kasi perbedaan gelombang mekanik dan

elektromag netik berdasarka n

pengamata n dan diskusi

Mampu

mengidentifik

asi

perbedaan gelombang mekanik dan

elektromagne

tik

berdasarkan pengamatan dan diskusi

Cakap mengidentifi

kasi perbedaan gelombang mekanik dan

elektromag netik berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Mahir mengidentifi

kasi perbedaan gelombang mekanik dan

elektromag netik berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

4

2

Peserta didik

mampu

menganalisis

gelombang transversal dan longitudinal berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak

mampu

menganalisi s

gelombang transversal dan longitudinal berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Mampu

menganalisis

gelombang transversal dan longitudinal berdasarkan pengamatan dan diskusi

Cakap menganalisi s

gelombang transversal dan longitudinal berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Mahir menganalisi s

gelombang transversal dan longitudinal berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

4

 

 

 

Jumlah skor

8

Kesimpulan : Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.

 

 

 

 

 

Lembar Observasi 

No.

Nama Peserta Didik

Indikator

Nomor

Jumlah Skor

Ketercapaian

Rencana

Tindak Lanjut

1

2

Tuntas

Tidak Tuntas

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan Indikator :

a.   Kemampuan      mengidentifikasi perbedaan gelombang        mekanik dan elektromagnetik berdasarkan pengamatan dan diskusi.

b.   Kemampuan menganalisis gelombang transversal dan longitudinal berdasarkan pengamatan dan diskusi. Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100                      Jumlah skor maksimal

 

3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas 

Mengajak peserta didik menjadi tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping pada peserta didik yang belum tuntas.

b. Tidak Tuntas 

Memberikan kesempatan kepada peserta didik membuat mind mapping dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada indikator yang belum dikuasai saja.

 

Pertemuan 3 1. Rubrik Penilaian

No.

Indikator

Tujuan

Pembelajaran

Kategori dan Deskripsi

Skor

Maksi mal

1

2

3

4

1

Peserta didik

mampu menghitung cepat rambat gelombang berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak

mampu menghitung cepat rambat gelombang berdasarka n

pengamata n dan diskusi

Mampu menghitung cepat rambat gelombang berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Cakap menghitung cepat rambat gelombang berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Mahir menghitung cepat rambat gelombang berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

4

2

Peserta didik

mampu menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengamatan dan diskusi

Tidak

mampu menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari berdasarka n

pengamata n dan diskusi

Mampu menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan

sehari-hari berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Cakap menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan

sehari-hari berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

Mahir menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan

sehari-hari berdasarka

n

pengamata n dan diskusi

4

 

 

 

Jumlah skor

8

Kesimpulan : Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal mencapai skor 3 dari setiap kriteria penilaian. Jika ada minimal satu kriteria masuk kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan rencana tindak lanjut agar pencapaian peserta didik dapat diperbaiki.

 

   

 

Lembar Observasi 

No.

Nama Peserta Didik

Indikator

Nomor

Jumlah Skor

Ketercapaian

Rencana

Tindak Lanjut

1

2

Tuntas

Tidak Tuntas

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan Indikator :

a.   Kemampuan      menghitung     cepat   rambat             gelombang      berdasarkan pengamatan dan diskusi  

b.   Kemampuan menelaah fenomena getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan pengamatan dan diskusi

Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x 100 

Jumlah skor maksimal

 

3. Rencana Tindak Lanjut a. Tuntas 

Mengajak peserta didik menjadi tutor sebaya untuk mendampingi proses pembuatan mind mapping pada peserta didik yang belum tuntas.

b. Tidak Tuntas 

Memberikan kesempatan kepada peserta didik membuat mind mapping dengan bantuan bahan ajar yang disiapkan oleh guru pada indikator yang belum dikuasai saja.

 

Lampiran 1

 

: Lembar Kerja 

 

Lembar Kerja Peserta Didik 

Pertemuan 1

Tanggal 

: ……………………….

Nama  

: ……………………….

Materi 

: ……………………….

Fase/Kelas

: D/VIII

 

Petunjuk Aktivitas:

1. Pengamatan bandul

a)  Siapkan alat dan bahan (Tali 2 buah, bandul/buah/bola 1 buah) yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.

b)  Ikatlah tali pada ujung tangkai atau tiang dengan panjang tali 20 dan 60 cm.

c)   Hitunglah gerak bolak-balik bandul tersebut selama 10 detik dan 30 detik.

d)  Lakukanlah pengamatan terhadap bandul/buah/bola lalu tuliskan pada tabel di bawah ini!

 

Tabel 1 Hasil Pengamatan Getaran Bandul/Buah/Bola dengan Sudut Simpang 100 Derajat

Panjang tali (cm)

Waktu getar (t dalam detik)

Banyaknya getaran bandul (n)

Waktu untuk 1 kali

getaran

(T) t/n

Jumlah getaran

dalam 1 detik

(f) n/t

20 cm

10

 

 

 

10

 

 

 

10

 

 

 

Nilai Rata-rata

 

 

 

60 cm

30

 

 

 

30

 

 

 

30

 

 

 

Nilai Rata-rata

 

 

 

 


Pertanyaan: 

Berdasarkan hasil pengamatan, bagaimana perbedaan getaran pada bandul dengan panjang tali 20 cm dan 60 cm?

 

2.   Pengamatan Gelombang Air

Siapkan wadah/ember yang sudah berisi air. Kemudian lemparkan/masukkan batu ke dalamnya. Perubahan apa yang terjadi pada air tersebut? 

 

3.   Tuliskan dengan jelas apa yang dimaksud dengan getaran dan gelombang!

 

 

4.   Buatlah kesimpulan dari pengamatan yang sudah dilakukan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Peserta Didik Pertemuan 2

 

 

Tanggal 

: ……………………….

Nama  

: ……………………….

Materi 

: ……………………….

Fase/Kelas

: D/VIII

 

Petunjuk aktivitas:

1.    Siapkan tali dan slinki yang sudah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya.

2.    Dua peserta didik berada di masing-masing ujung tali, lalu menggerakkan ke atas dan ke bawah.

3.    Lakukan hal yang sama terhadap slinki.

4.    Amatilah gelombang yang terbentuk dan diskusikan dengan kelompokmu lalu tuliskan hasil diskusi pada kolom di bawah ini, kemudian presentasikan kepada Bapak/Ibu guru dan teman-teman kalian!

Pertanyaan: 

a.    Mengidentifikasi perbedaan gelombang mekanik dan elektromagnetik

 

 

b.    Menganalisis gelombang transversal dan longitudinal

 Lembar Kerja Peserta Didik  Pertemuan 3

 

Tanggal          : ……………………….

Nama              : ……………………….

Materi             : ……………………….

Fase/Kelas     : D/VIII

 

Petunjuk Aktivitas:

1. Pengamatan tali 

a.   Siapkan tali yang sudah dibawa

b.   Dua peserta didik saling memegang salah satu sisi tali, dan buatlah variasi sudut simpang melalui gerakan naik turun yang berulang seperti gambar di bawah ini.

 

                                                           Sumber: Buku Siswa Kemdikbud

 

c.   Apakah terlihat bentuk seperti bukit dan lembah gelombang yang jelas?

Jawaban: ………………………………………………………………………

d.   Apakah yang dirasakan oleh peserta didik pada salah satu ujung talinya?

Jawaban: ………………………………………………………………………

e.   Tuliskan hasil pengamatan pada tabel di bawah ini!

Jawaban: ………………………………………………………………………

 

Tabel 2 Tabel Pengamatan Cepat Rambat Gelombang Tali

Sepanjang 3 Meter

Sudut simpangan

tali

Gerakan

naik turun

tali

Jumlah puncak

gelomban g yang

terlihat (n)

Jumlah

Panjang gelomban g (n/2)

Waktu tempuh

(t)

Periode (Jumlah panjang

gelomban g/waktu tempuh

Kecil 

Pelan

 

 

 

 

(+/-10º)

Cepat

 

 

 

 

Besar 

Pelan

 

 

 

 

(+/-40º)

Cepat

 

 

 

 

Sangat Besar

Pelan

 

 

 

 

(+/-90º)

Cepat

 

 

 

 

f.    Berdasarkan tabel di atas, hitunglah kecepatan rambat gelombang tali tersebut!

g.   Buatlah kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2     : Lembar Refleksi Peserta Didik dan Guru

 

Pertemuan 1

Petunjuk : 

1.   Isi identitas 

2.   Warnailah icon smile pada kolom “Nilai” jika pernyataan sesuai 

3.   Isilah pernyataan tersebut dengan jujur. 

 

Nama : ……………………………                                   Kelas: ……… 

Setelah berhasil mengikuti proses belajar dan pengamatan/percobaan ayunan bandul, ukurlah diri kalian dalam kemampuan penguasaan materi. Yuk warnai bintang yang ada pada table refleksi di bawah ini untuk menunjukkan penguasaan diri kalian pada materi Konsep Dasar Getaran dan Gelombang.

Tabel Refleksi Peserta Didik

No.

Pernyataan

Nilai

1

Apakah kamu senang selama pembelajaran pengamatan ayunan bandul?

 

2

Apakah kamu puas dengan hasil akhir LKPD?

 

3

Apakah kamu senang dengan kelompokmu selama pembelajaran?

 

4

Sejauh mana kamu memahami materi konsep dasar getaran dan gelombang?

 

 

Refleksi Guru Pertemuan 1, 2 dan 3

1.                  Apakah seluruh peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran  dengan baik?

2.                  Apakah kesulitan yang peserta didik hadapi selama kegiatan pembelajaran? Solusi apa yang telah diberikan guru?             3. Kesulitan apa yang guru alami selama kegiatan pembelajaran?

 

 

Lampiran 3     : Materi Pembelajaran 1

 

 

Mengenal Getaran dan Gelombang

             

 Benda dikatakan bergetar/berosilasi jika benda tersebut  bergerak bolak-balik secara teratur melalui titik seimbangnya.  Sehingga dapat diartikan bahwa getaran adalah gerakan berulang  bolak-balik dari suatu objek atau medium. Sementara gelombang  adalah perambatan energi melalui medium atau ruang hampa.

                 Percobaan bandul:

 

 

 

 

 

 

 Bandul dibuat mula-mula dalam keadaan diam pada kedudukan  O. Pada posisi ini disebut sebagai posisi/kedudukan seimbang.  Bandul tersebut kemudian ditarik pada kedudukan A dengan sudut  simpangan kecil (sekitar 100º). Pada saat bandul dilepaskan dari  kedudukan A, bandul akan bergerak teratur melalui titik A-O-B-O-A  dan gerakan itu disebut gerak bolak balik dalam 1 kali getaran. Salah  satu ciri dari getaran adalah adanya amplitudo atau simpangan  terbesar (O – A atau O – B).

 Waktu yang diperlukan suatu benda menempuh 1 kali getaran  penuh disebut periode. Dilambangkan dengan huruf T dalam satuan  detik. Sedangkan banyaknya getaran suatu benda yang terjadi  selama satu detik disebut sebagai frekuensi. Dilambangkan dengan  huruf f dan satuannya adalah Hertz.

             

          Sumber: 

1.   Lestari, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Guru). Jakarta: Kemdikbud (hal. 111-120).

2.   Okky, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam (Buku Siswa).

Jakarta: Kemdikbud (hal. 103-112). 

Materi Pembelajaran 2

Posting Komentar untuk "MODUL GETARAN DAN GELOMBANG"