RABU, 20 AGUSTUS 2025
MODUL KEGIATAN KOKURIKULER TEMA 1
PERTEMUAN
KE-2
RABU,
20  AGUSTUS 2025
Materi 2                                  : Pemahaman Masalah Lingkungan dan
Pengenalan Konsep Kegiatan Ekonomi dan Pemasaran Produk
Jenjang                                    : Fase
D/VIII 
Semester                                  : Ganjil (1)
Tema
Kokurikuler                   : Peduli Lingkungan
Tema
Proyek                           : “Eco-Preneur
Challenge”
Alokasi
Waktu                        : 10 JP
Dimensi
Profil Lulusan           : Penalaran
kritis, Kolaboratif, dan Komunikasi
A.      Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menyelenggarakan sebuah simulasi pasar ramah lingkungan, dengan
menjual produk berbasis daur ulang atau ramah lingkungan, menggunakan data
digital untuk mengelola transaksi serta pendataan produk, menjaga kebugaran
dalam kegiatan fisik yang terkait, dan mengamalkan nilai keagamaan dalam
menjaga lingkungan.
Tujuan pembelajaran
untuk tiap disiplin ilmu, yaitu:
| IPA | Menganalisis pengelolaan 
  sampah melalui proses daur ulang sehingga mendapatkan Solusi terhadap
  isu lingkungan yang tepat | 
| IPS | Menjelaskan
  konsep dasar kegiatan Produksi Sampah menjadi barang yang bernilai guna | 
| PJOK | Menganalisis
  aktivitas peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan
  keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan gerak koordinasi)
  melalui icebreaking. | 
B.       Alur
Kegiatan
| Jam ke- | Aktivitas | Keterangan | 
| 1 | Apersepsi 1.       
  Peserta didik
  berdo’a dan memberi salam dan di cek kehadirannya. 2.       
  Peserta didik
  menyimak judul materi dan tema yang disampaikan guru. 3.       
  Peserta didik
  menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru. 4.       
  Peserta didik
  menjawab pertanyaan pemantik dari guru terkait isu sampah. a. 
  apa yang akan terjadi jika kita tidak memilah sampah organik dan
  anorganik di rumah atau sekolah?jelaskan pendapatmu b. 
  Menurutmu, mengapa sampah bisa menjadi masalah besar bagi lingkungan
  dan kesehatan manusia? Ceritakan. c.  
  Bagaimana cara sederhana yang bisa kita lakukan agar sampah yang kita
  hasilkan bisa bermanfaat atau bahkan menghasilkan uang? d. 
  Jika sampah bisa menjadi sumber penghasilan, ide apa yang muncul di
  pikiranmu untuk mengolah sampah agar memiliki nilai jual? Note: Pertanyaan pemantik dan jawaban
  ditulis di buku kokurikuler kemudian dibacakan hasil jawaban di depan kelas
  atau disesuaikan dengan kondisi kelas. | Alat Pembelajaran: 1.       
  Buku kokurikuler 2.       
  ATK 3.       
  Gawai 4.       
  Kuota internet 5.       
  Proyektor 6.       
  Screen
  proyektor | 
| 2-4 | 5.        
  Peserta didik diminta melanjutkan kegiatan
  audit sampah berkeliling di area sekolah (misal: halaman, selasar, toilet,
  kantin, area tempat sampah) bersama kelompok. 6.        
  Peserta didik mencatat hasil audit sampah pada
  lembar audit sampah. Lembar
  audit sampah dapat menggunakan kertas folio pada pertemuan sebelumnya, jika
  hilang menulis ulang 7.        
  Peserta didik mengerjakan LKPD, judul “LEMBAR DISKUSI HASIL AUDIT SAMPAH” 8.        
  Peserta didik berdiskusi terkait konsep upcycling
  dan downcycling (ditulis pada buku kokurikuler).  Pertanyaan: 1)       
  Jelaskan perbedaan
  mendasar antara upcycling dan downcycling! Berikan satu contoh untuk
  masing-masing konsep! 2)       
  Mengapa upcycling
  sering dianggap lebih kreatif dan bernilai tambah daripada downcycling? 3)       
  Bayangkan Anda punya
  botol plastik bekas. Jika botol itu diubah menjadi vas bunga, apakah itu
  contoh upcycling atau downcycling? Jelaskan alasan Anda! 4)       
  Jika sampah kertas
  didaur ulang menjadi bubur kertas untuk membuat tisu toilet, apakah proses
  ini disebut upcycling atau downcycling? Mengapa? 5)       
  Menurutmu, mengapa
  proses upcycling dan downcycling penting untuk menjaga lingkungan dan
  mengurangi sampah? | Alat dan
  bahan yang dibutuhkan :        1.     
  LKPD         2.     
  Kertas A3        3.     
  Pensil        4.     
  Spidol Hitam 5.      
  Alat Warna | 
| 5-6 | 7.       
  Peserta didik
  berserta kelompoknya melakukan brainstorming (membuat mind maping) mengidentifikasi
  potensi sampah (plastik, botol, sedotan, kresek, kertas koran, kardus, kain
  perca, dsb) sebagai bahan baku produk awal yang akan menjadi sebuah produk
  (proyek). Contoh ada di lampiran 8.       
  Peserta didik
  mempresentasikan hasil LKPD dan hasil brainstorming yang didiskusikan masing-masing
  kelompok.. Kelompok yang lain menanggapi dan bertanya. |  | 
| 7-9 | Peserta didik membuat INFOGRAFIS
  dikertas A3 tentang : 1)     
  Rancangan
  produk apa yang akan dibuat A.   
  Deskripsi
  singkat tentang produk B.    
  Keunikan
  atau keunggulan produk 2)     
  Konsep
  awal jual beli produk terdiri dari menghitung 
  bahan baku, biaya produksi, biaya angkut, biaya jual beli 3)     
  Target
  pasar  4)     
  Cara
  memasarkan produk | Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan
  : 1.     
  Kertas gambar A3 2.     
  Alat warna 3.     
  Pensil 4.      
  Spidol hitam | 
| 10 | 9.        
  Peserta didik
  kembali ketempat duduknya masing-masing. 10.    
  Peserta didik me-review
  kembali kegiatan yang sudah dilakukan bersama guru. 11.    
  Peserta didik
  merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan. Pertanyaan untuk mendorong
  kegiatan refleksi: a.  Bagaimana
  perasaanmu setelah melakukan kegiatan pembelajaran hari ini? b.  Kesulitan
  apa yang kamu rasakan selama pembelajaran? c.  
  Pengalaman atau hal
  baru apa yang kamu dapatkan di pembelajaran hari ini? d.  apa
  tantangan terbesar yang kamu hadapi dalam memilah sampah,? Ceritakan dengan
  singkat! 
 Note: Dapat dilakukan dengan lisan
  atau tulis di buku kokurikuler, sesuai kondisi kelas. 
 12.    
  Peserta didik
  melakukan kebersihan kelas. 13.    
  Peserta didik
  berdo’a dan memberi salam. | Alat Pembelajaran: 1.       
  Buku kokurikuler 2.       
  ATK 
 | 
LEMBAR DISKUSI
HASIL AUDIT SAMPAH
(Disatukan bersama dengan hasi
audit sampah)
Setelah selesai melakukan audit, jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1.       
Tanggal penimbangan/pengumpulan akhir seluruh
sampah audit:
Hari/Tanggal:
..............................................................
2.       
Dari hasil audit, jenis sampah apa (misalnya
plastik, kertas, sisa makanan, dll.) yang paling dominan ditemukan di area
auditmu?
3.       
Menurut kelompokmu, mengapa sampah jenis
tersebut paling banyak ditemukan? 
4.       
Jenis sampah anorganik/organik apa saja yang
menurut kalian sangat potensial untuk didaur ulang atau diubah menjadi produk
bernilai? (Sebutkan minimal 3 jenis dan berikan alasan singkat).
1)       
Bentuk sampah:
...............................................................................................
Produk yang dapat dibuat:
...............................................................................
(Alasan:
...................................................................)
2)       
Bentuk sampah:
...............................................................................................
Produk yang dapat dibuat:
...............................................................................
(Alasan:
...................................................................)
3)       
Bentuk sampah: ...............................................................................................
Produk yang dapat dibuat:
...............................................................................
(Alasan:
...................................................................)
5.        
Apa hal baru yang kalian pelajari atau sadari
setelah melakukan audit sampah ini?
Contoh
MIND MAPING Hasil Brainstorming
(dibuat di buku gambar A3)
Posting Komentar untuk "RABU, 20 AGUSTUS 2025"
Posting Komentar