RABU, 20 AGUSTUS 2025

 MODUL KEGIATAN KOKURIKULER TEMA 1

PERTEMUAN KE-2

RABU, 20  AGUSTUS 2025

Materi 2                                  : Pemahaman Masalah Lingkungan dan Pengenalan Konsep Kegiatan Ekonomi dan Pemasaran Produk

Jenjang                                    : Fase D/VIII

Semester                                  : Ganjil (1)

Tema Kokurikuler                   : Peduli Lingkungan

Tema Proyek                           : “Eco-Preneur Challenge”

Alokasi Waktu                        : 10 JP

Dimensi Profil Lulusan           : Penalaran kritis, Kolaboratif, dan Komunikasi

A.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat menyelenggarakan sebuah simulasi pasar ramah lingkungan, dengan menjual produk berbasis daur ulang atau ramah lingkungan, menggunakan data digital untuk mengelola transaksi serta pendataan produk, menjaga kebugaran dalam kegiatan fisik yang terkait, dan mengamalkan nilai keagamaan dalam menjaga lingkungan.

Tujuan pembelajaran untuk tiap disiplin ilmu, yaitu:

IPA

Menganalisis pengelolaan  sampah melalui proses daur ulang sehingga mendapatkan Solusi terhadap isu lingkungan yang tepat

IPS

Menjelaskan konsep dasar kegiatan Produksi Sampah menjadi barang yang bernilai guna

PJOK

Menganalisis aktivitas peningkatan derajat kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan gerak koordinasi) melalui icebreaking.

B.       Alur Kegiatan

Jam

ke-

Aktivitas

Keterangan

1

Apersepsi

1.        Peserta didik berdo’a dan memberi salam dan di cek kehadirannya.

2.        Peserta didik menyimak judul materi dan tema yang disampaikan guru.

3.        Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

4.        Peserta didik menjawab pertanyaan pemantik dari guru terkait isu sampah.

a.  apa yang akan terjadi jika kita tidak memilah sampah organik dan anorganik di rumah atau sekolah?jelaskan pendapatmu

b.  Menurutmu, mengapa sampah bisa menjadi masalah besar bagi lingkungan dan kesehatan manusia? Ceritakan.

c.   Bagaimana cara sederhana yang bisa kita lakukan agar sampah yang kita hasilkan bisa bermanfaat atau bahkan menghasilkan uang?

d.  Jika sampah bisa menjadi sumber penghasilan, ide apa yang muncul di pikiranmu untuk mengolah sampah agar memiliki nilai jual?

Note: Pertanyaan pemantik dan jawaban ditulis di buku kokurikuler kemudian dibacakan hasil jawaban di depan kelas atau disesuaikan dengan kondisi kelas.

Alat Pembelajaran:

1.        Buku kokurikuler

2.        ATK

3.        Gawai

4.        Kuota internet

5.        Proyektor

6.        Screen proyektor

2-4

5.         Peserta didik diminta melanjutkan kegiatan audit sampah berkeliling di area sekolah (misal: halaman, selasar, toilet, kantin, area tempat sampah) bersama kelompok.

6.         Peserta didik mencatat hasil audit sampah pada lembar audit sampah. Lembar audit sampah dapat menggunakan kertas folio pada pertemuan sebelumnya, jika hilang menulis ulang



7.         Peserta didik mengerjakan LKPD, judul “LEMBAR DISKUSI HASIL AUDIT SAMPAH”

8.         Peserta didik berdiskusi terkait konsep upcycling dan downcycling (ditulis pada buku kokurikuler).

 Pertanyaan:

1)        Jelaskan perbedaan mendasar antara upcycling dan downcycling! Berikan satu contoh untuk masing-masing konsep!

2)        Mengapa upcycling sering dianggap lebih kreatif dan bernilai tambah daripada downcycling?

3)        Bayangkan Anda punya botol plastik bekas. Jika botol itu diubah menjadi vas bunga, apakah itu contoh upcycling atau downcycling? Jelaskan alasan Anda!

4)        Jika sampah kertas didaur ulang menjadi bubur kertas untuk membuat tisu toilet, apakah proses ini disebut upcycling atau downcycling? Mengapa?

5)        Menurutmu, mengapa proses upcycling dan downcycling penting untuk menjaga lingkungan dan mengurangi sampah?

Alat dan bahan yang dibutuhkan :

       1.      LKPD

       2.      Kertas A3

       3.      Pensil

       4.      Spidol Hitam

5.       Alat Warna

5-6

7.        Peserta didik berserta kelompoknya melakukan brainstorming (membuat mind maping) mengidentifikasi potensi sampah (plastik, botol, sedotan, kresek, kertas koran, kardus, kain perca, dsb) sebagai bahan baku produk awal yang akan menjadi sebuah produk (proyek).

Contoh ada di lampiran

8.        Peserta didik mempresentasikan hasil LKPD dan hasil brainstorming yang didiskusikan masing-masing kelompok.. Kelompok yang lain menanggapi dan bertanya.

 

7-9

Peserta didik membuat INFOGRAFIS dikertas A3 tentang :

1)      Rancangan produk apa yang akan dibuat

A.    Deskripsi singkat tentang produk

B.     Keunikan atau keunggulan produk

2)      Konsep awal jual beli produk terdiri dari menghitung  bahan baku, biaya produksi, biaya angkut, biaya jual beli

3)      Target pasar

4)      Cara memasarkan produk

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan :

1.      Kertas gambar A3

2.      Alat warna

3.      Pensil

4.       Spidol hitam

10

9.         Peserta didik kembali ketempat duduknya masing-masing.

10.     Peserta didik me-review kembali kegiatan yang sudah dilakukan bersama guru.

11.     Peserta didik merefleksikan kegiatan yang sudah dilakukan. Pertanyaan untuk mendorong kegiatan refleksi:

a.  Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan pembelajaran hari ini?

b.  Kesulitan apa yang kamu rasakan selama pembelajaran?

c.   Pengalaman atau hal baru apa yang kamu dapatkan di pembelajaran hari ini?

d.  apa tantangan terbesar yang kamu hadapi dalam memilah sampah,? Ceritakan dengan singkat!

 

Note: Dapat dilakukan dengan lisan atau tulis di buku kokurikuler, sesuai kondisi kelas.

 

12.     Peserta didik melakukan kebersihan kelas.

13.     Peserta didik berdo’a dan memberi salam.

Alat Pembelajaran:

1.        Buku kokurikuler

2.        ATK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

LEMBAR DISKUSI HASIL AUDIT SAMPAH

(Disatukan bersama dengan hasi audit sampah)

Setelah selesai melakukan audit, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.        Tanggal penimbangan/pengumpulan akhir seluruh sampah audit:

Hari/Tanggal: ..............................................................

2.        Dari hasil audit, jenis sampah apa (misalnya plastik, kertas, sisa makanan, dll.) yang paling dominan ditemukan di area auditmu?

3.        Menurut kelompokmu, mengapa sampah jenis tersebut paling banyak ditemukan?

4.        Jenis sampah anorganik/organik apa saja yang menurut kalian sangat potensial untuk didaur ulang atau diubah menjadi produk bernilai? (Sebutkan minimal 3 jenis dan berikan alasan singkat).

1)        Bentuk sampah: ...............................................................................................

Produk yang dapat dibuat: ...............................................................................

(Alasan: ...................................................................)

2)        Bentuk sampah: ...............................................................................................

Produk yang dapat dibuat: ...............................................................................

(Alasan: ...................................................................)

3)        Bentuk sampah: ...............................................................................................

Produk yang dapat dibuat: ...............................................................................

(Alasan: ...................................................................)

5.         Apa hal baru yang kalian pelajari atau sadari setelah melakukan audit sampah ini?

Contoh MIND MAPING Hasil Brainstorming

(dibuat di buku gambar A3)




 

Posting Komentar untuk "RABU, 20 AGUSTUS 2025"